Profesi atau pekerjaan dalam dunia komputer

 Profesi atau pekerjaan dalam dunia komputer

Secara umum, pekerjaan di bidang teknologi informasi terbagi dalam 4 Kelompok:

1. Software (Perangkat lunak)

    Mereka yang menggeluti dunia software adalah mereka yang merancang sistem operasi database atau sistem         aplikasi. Pekerjaan yang terkait dengan bidang ini misalnya:

  • Sistem analis

            Bertugas untuk menganalisa sistem yang akan diimplementasikan. Mulai dari menganalisa kelebihan dan                 kekurangan sistem yang ada hingga studi kelayakan untuk sistem yang akan dikembangkan.

  • Programmer

            Orang yang bertugas untuk melakukan implementasi rancangan sistem analis, yaitu membuat program                     sesuai dengan sistem yang dianalisa.

  • Web Designer

           Bertugas untuk melakukan perencanaan, termasuk studi kelayakan, analisa dan desain suatu proyek                        pembuatan aplikasi berbasis web.

  • Web Programmer

            Memiliki tugas untuk mengimplementasikan rancangan web designer, dengan membuat program berbasis                 web sesuai dengan desain yang dirancang

 

2. Hardware ( Perangkat keras)

Pekerjaan yang terkait dengan bidang ini adalah:

  • Technical engineer

            Menangani masalah teknik, baik dalam pemeliharaan maupun perbaikan perangkat sistem komputer.

  • Networking engineer

            Bekerja di bidang teknis jaringan komputer, mulai dari maintenance sampai troubleshooting.

3. Operasional Sistem Informasi

   Jenis pekerjaan yang terkait dengan bidang ini adalah :

  • EDP Operator

            bertugas untuk menjalankan program yang berhubungan dengan electronic data processing dalam                             lingkungan perusahaan.

  • System administrator

            bertugas melakukan administrasi dan pemeliharaan dalam sistem, memiliki wewenang untuk mengatur hak               akses terhadap sistem dan hal-hal yang terkait dengan pengaturan operasional.

  • MIS Director

            personel dengan wewenang tertinggi dalam sebuah sistem informasi. Tugas utamanya adalah melakukan                pengelolaan terhadap sistem secara menyeluruh, baik dari segi perangkat keras, perangkat lunak, dan                    SDM nya.

4. IT Business Development

    Bidang ini  memadukan pengetahuan tentang teknologi informasi (IT) dengan pemahaman tentang aspek bisnis     dan manajemen. Profesi di bidang IT bisnis bertujuan untuk menerapkan solusi teknologi informasi yang efektif        dan strategis dalam konteks bisnis guna mencapai tujuan organisasi. Dalam hal ini umumnya ditujukan untuk            membantu mencari peluang baru dalam pengembangan software business. Pengembangan software bisa                berupa penyempurnaan software yang sudah ada maupun membuat software yang sepenuhnya baru.

Komentar