Dampak Perkembangan Teknologi Komputer

 Dampak Perkembangan Teknologi Komputer



Tidak dipungkiri bahwa teknologi terus berkembang dari waktu ke waktu, dan tentunya hal itu akan memberikan dampak positif dan juga negatif bagi kehidupan manusia. Teknologi sendiri adalah sebuah sistem, alat dan sarana yang mendukung dan membantu manusia.

Sama seperti halnya sesuatu yang terus mendampingi kita sebagai manusia dalam melakukan aktifitas apapun. Dalam hal ini jika menggunakan teknologi secara bijak pastinya akan semakin menguntungkan, namun jika tidak maka akan sangat merugikan baik itu bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

Dampak Positif Pekembangan Teknologi

Jika digunakan secara bijak sebenarnya akan memberikan banyak sekali manfaat bagi kita dengan adanya perkembangan teknologi dari waktu ke waktu. Dampak tersebut antara lain sebagai berikut :

    • Perkembangan teknologi membantu mempercepat pertukaran Informasi. Benar sekali, dengan adanya pekembangan teknologi informasi yang tejadi sekarang bisa diketahui banyak orang sekalgus meski jaraknya sangat jauh. Selain itu untuk melakukan pertukaran data yang jumlahnya besar sekalipun dengan perkembangan tenologi internet kecepatan tinggi upload data akan berlangsung cukup singkat. Hal ini tentu saja mempermudah bisnis dan pekerjaan lainnya. Selain pertukakaran informasi, akhir-akhir ini juga dibuktikannya dengan adanya sistem pembelajaran via online yang mudah dilakukan dari rumah.
    • Perkembangan teknologi membantu mempercepat pekerjaan. Yang kedua dengan adanya alat-alat yang semakin canggih akan membantu lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan secara otomatis. Secara umum ini berarti bisa meringankan beban manusia dan juga menambah keuntungan jika diterapkan dalam sebuah bisnis atau usaha.
    • Meningkatkan penghasilan dengan bisnis online. Karena banyaknya orang di internet bisa memunculkan banyak peluang bisnis online, selain itu juga memunculkan banyak peluang bisnis yang mudah dilakukan seperti halnya bisnis hanya bermodalkan gawai Android saja.

           Dan masih banyak lagi dampak positif yang lain selama kita bijak dalam                       menggunakan barang-barang yang menggunakan pembaruan teknologi yang               ada disekitar kita.

Dampak Negatif Perkembangan Teknologi

Namun, jika teknologi tidak digunakan secara bijak maka akan memberikan beberapa dampak negatif, antara lain sebagai berikut ;

    • Meningkatnya kejahatan akibat bekembangnya teknologi internet. Dampak negatif yang pertama adalah peningkatan kejahatan di sebabkan karena sistem online. Seperti halnya modus penipuan jual beli, modus pencurian data hingga merembak pada ajang untuk penculikan berawal dari mengajak ketemuan menggunakan media sosial.
    • Dampak teknologi juga memudahkan akses konten negative. Ini juga merupakan hal butuk jika tidak bijak seperti halnya mudah mengakses konten-konten kurang pantas di internet setelah munculnya banyak aplikasi yang memudahkan akses tersebut. Terlebih lagi bagi seorang anak, ini akan berdampak kurang baik karena mendapatkan tontonan yang bisa merusak otak.
    • Teknologi juga menyebabkan menurunnya sosial kemasyarakatan. Karena mudahnya akses dengan handphone android, bahkan bisa bertatap muka langsung dengan hp dari rumah menjadikan sosial kemasyarakatan sudah tidak seperti dulu yang masih saling bersilaturahmi secara langsung. Selain itu kesibukan menggunakan hanphone sekarang ini juga menyebabkan seseorang acuh tak acuh dengan kondisi sekitar dan hanya peduli dengan handphone yang dia pegang.

        Dari kedua dampak di atas kalau kita bisa bijak tentu saja kita tidak akan                    merugi dengan adanya perkembangan teknologi terbaru. Justru kita akan                    banyak terbantu dengan kemudahannya. Karena memang sebenarnya                        teknologi diciptakan untuk memudahkan kinerja kita sebagai manusia. Hanya                saja selalu ada orang yang menyalahgunakannya untuk sesuatu yang kurang                baik.

        Selain itu penting bagi kita untuk saling mengingatkan apabila orang di sekitar            kita menggunakan teknologi dengan cara yang salah atau untuk keburukan,                terutama adalah teknologi internet, komputer dan juga handphone.

        Yang tidak kalah penting adalah mengawai anak-anak kita agar tidak salah jalur            dan melindungi mereka dengan memberinya internet positif dan juga                            Pendidikan yang benar agar bisa mulai belajar memanfaatkan teknologi dengan            baik.

Komentar